Dampak Boikot Produk Prancis

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Aksi sebagai bentuk reaksi atas suatu hal yang dirasakan dari aksi sebelumnya. Biasanya, Aksi muncul sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan Individu atau kelompok lain. Biasanya juga, aksi dilakukan oleh Ormas atau kelompok. Berbeda dengan Kelompok individu/manusia yang dihasilkan dari tindakan-tindakan umpan balik antara Ayah Bundanya.

Nah, Dalam teori aksi, Ada tiga macam tindakan yang dilakukan manusia. Satu, tindakan tradisional, suatu tindakan yang mengikuti tradisi. Dua, tindakan afektif, tindakan yang berlandaskan hawa nafsu. Tiga, tindakan rasional, tindakan yang berdasar nilai-nilai luhur.

Aksi sweeping produk-produk Prancis yang dilakukan oknum kelompok tertentu di Jakarta dua hari yang lalu, merupakan bentuk reaksi atas penyataan presiden prancis yang dianggap menghina dan menyudutkan Islam. Bahkan, pernyataan dalam pidato Macron ini berbuntut panjang, hingga dunia international mengecamnya. Banyak pula Negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim melakukan aksi boikot produk-produk Prancis. Tuh, kan. Isu sensitif lagi.

Akibatnya, saham prancis mengalami kerugian, paling tidak empat hari terakhir berturut-turut. Di sisi lain, berdasarkan berita yang dihimpun finance.detik.com, Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin menegaskan produk Danone tidak memiliki kaitan dengan pandangan politik negara manapun. Pihaknya menyayangkan adanya aksi boikot produk Prancis akibat pernyataan dari Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam, yang dinilai tidak ada kaitannya dengan perdagangan.

Kemungkinannya, jika boikot produk itu dilakukan besar-besaran dengan melakukan tidak membeli produk-produk prancis di toko-toko, maka kerugian itu akan berdampak pada toko-toko tersebut. Berbeda dengan aksi sweeping yang dilakukan sekelompok ormas di Jakarta, mereka membeli produk-produk Danone, dan membakarnya. Tapi menurut ane, itu tindakan rasional sih, nggak merugikan pihak lain, dari pada sweping-sweping arogan, asal dipecahin barang-barangnya.

Menurut kamu, tindakan tersebut termasuk tindakan tradisional, afektif, atau rasional Guys?.(*)

, ,

About Nas

Hobi Berdiam diri
View all posts by Nas →